HUBUNGAN EMPATI PERAWAT DAN FASIITAS FISIK DENGAN INSIDEN KESELAMATAN PASIEN DI RSUP DR M DJAMIL

Firsti Andriani

Abstract


Keselamatan pasien merupakan tujuan pelayanan keperawatan. RSUP Dr M Djamil melaporkan kejadian berhubungan dengan insiden keselamatan pasien. Kejadian tersebut terkait mutu perawatan yaitu kurangnya komunikasi perawat, dan pemahaman standar operasional. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor mutu keperawatan yang berhubungan dengan insiden keselamatan pasien di RSUP Dr M Djamil. Metode penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional terhadap 102 pasien. Alat ukurnya kuisioner, pedoman observasi dan wawancara. Penelitian menggunakan analisis univariat, bivariat dengan uji Chi-square dan multivariat dengan uji regresi logistik. Hasilnya ada hubungan kehandalan, ketanggapan, jaminan, kepedulian perawat dengan insiden keselamatan pasien (nilai p < 0,05: CI 95%), tidak ada hubungan fasilitas perawat dengan insiden keselamatan pasien (nilai p > 0,05: CI 95%). Kehandalan perawat variable paling berhubungan dengan insiden keselamatan pasien. Manajer keperawatan diharapkan memperhatikan kehandalan pelayanan dengan pembinaan kompetensi dan kesempatan perawat mengembangkan ilmu dan ketrampilannya dengan pelatihan sehingga dapat melaksanakan pelayanan sesuai dengan standar operasional.
Kata kunci : Insiden keselamatan pasien; mutu keperawatan


Full Text:

PDF

References


Adhianto. D. (2011). Keselamatan pasien radiologi. Presentation Transcript. 17 Oktober 2011

Ake. J. (2002). Malpraktek dalam keperawatan. Jakarta: EGC.

Ali. Z. (2001). Dasar-dasar Keperawatan Profesional. Jakarta: Widya Medika.

Andriani. F. (2011). Laporan Residensi: Pelaksanaan Manajemen Keperawatan di RSUP Dr M

Djamil Padang, Mahasiswa Magister Keperawatan Unand.

Arikunto. (2000). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta. Rineka Cipta.

Azwar. A. (1996). Menjaga mutu pelayanan kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Basford. L. (2006). Teori dan praktek keperawatan: Pendekatan Integral Pada Asuhan Pasien. Jakarta: EGC

Bishop. A. (2006). Etika Keperawatan: Praktek asuhan holistik. Jakarta: EGC.

Bustami. (2011). Penjaminan mutu pelayanan kesehatan & aksetabilitasnya. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dahlan. S. (2009). Langkah-langkah Membuat Proposal Penelitian Bidang Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta: Anggota IKAPI

Departemen Kesehatan R.I (2008). Panduan Nasional Keselamatan Pasien Rumah Sakit. Jakarta: Bhakti Husada.

_______________________, (2006). Upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit. (konsep dasar dan prinsip). Direktorat Jendral Pelayanan Medik Direktorat Rumah Sakit Khusus dan Swasta. Jakarta: Buku Panduan.

Vol. 1 No. 1 Desember 2018 Jurnal Kesehatan Lentera ‘Aisyiyah ISSN: 2654-8445

UPPM Akademi Keperawatan ‘Aisyiyah Padang

_______________________, (2005) Standart pelayanan minimal rumah sakit. Jakarta: Buku Panduan

Djuwitasari. (2005). Pelayanan keperawatan bermutu. Presentasi. Direktorat Bina Pelayanan Keperawatan Departemen Kesehatan RI

Efendy. (2007). Intervensi keperawatan berbasis pada bukti-bukti ilmiah dalam rangka patient safety,Yogyakarta

Firnanda. D. (2009). Penerapan pelaksanaan manajemen pasient safety di Rumah Sakit. Pertemuan manajemen disaster plan dan pasient safety di rumah sakit. Dinas Kesehatan. Jawa Timur. 5 Agustus 2010.

Gilles. DA. (2000). Nursing management: A systemapproach. Philadelpia: Sounders Company.

Hastono. S.P, (2010), Statistik kesehatan, Jakarta: Rajawali Pers

Hendritanoyo. (2011). Perlu dikembangkan standar & indikator keselamatan pasien. 18 Februari 2011

Hidayat A. (2004). Pengantar konsep dasar keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Hufron. A dan Supratman. (2006). Analisis hubungan persepsi pasien tentang mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Penumping Surakarta. Tesis. FIK UMS Kartasura.

KKP RS. (2007). Meningkatkan kepercayaan dengan patient safety. Seminar Nasional VII PERSI. 7 Desember 2007

Kozier. B. Erb, G. & Blais. K. (1997). Professional nursing practice concept, and prespective. California: Addison Wesley Logman, Inc.

Kuntoro. (2009). Dasar filosofi metodologi penelitian. Surabaya: Pustaka Melati.

Kuntoro A. (2010). Buku ajar manajemen keperawatan. Jogyakarta: Muha Medika.

Leboeuf. M. (2002), Memenangkan dan memelihara pelanggan, Jakarta: PustakaTangga.

Marr, Heather dkk. (2001), Penjaminan kualitas dalam keperawatan, konsep, metode dan studi kasus, Jakarta: EGC.

Nasir. A.(2011) Buku Ajar, Metodologi penelitian kesehatan, konsep pembuatan karya tulis dan thesis untuk mahasiswa kesehatan. Jogyakarta: Nuha Medika.

Notoatmodjo. S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2011). Manajemen keperawatan: Aplikasi dalam praktik keperawatan profesional. Jakarta; Salemba Medika.

Vol. 1 No. 1 Desember 2018 Jurnal Kesehatan Lentera ‘Aisyiyah ISSN: 2654-8445

UPPM Akademi Keperawatan ‘Aisyiyah Padang

PERSI – KARS, KKP-RS. (2006). Membangun budaya keselamatan pasien rumah sakit. Lokakarya program KP-RS. 17 Nopember 2006

Peraturan Menteri Kesehatan RI. Nomor 1691. Tahun 2011 Tentang Keselamatan Pasien.

Pohan. I. (2007). Jaminan mutu layanan kesehatan. Jakarta: EGC.

Potter. P.A and Perry. A.G. (1997). Fundamental of nursing concept; process and Practice. St. Louis: Mosby.

Rahmawati. W. (2009). Pengawasan dan pengendalian dalam pelayanan keperawatan (supervisi, manajemen mutu dan resiko). Disampaikan pada Pelatihan Manajemen Keperawatan. 11-16 Mei 2009.

Rangkuti. (2002). Measuring costumer satisfaction. Jakarta: JP

Riyanto. A. (2010). Pengolahan dan anaisa data kesehatan: Aplikasi program SPSS. Modul. Disampaikan pada Pelatihan Pengolahan dan Analisa Data Kesehatan.25-27 Januari 2010.

Sari. E.D. (2007). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien terhadap layanan kesehatan di Irna Bedah RSUP Dr M Djamil Padang. Skripsi. Universitas Andalas Padang.

SK Menteri Kesehatan. Nomor 496. Tahun 2005. Pedoman audit medis rumah sakit. Depkes.

Sitorus. R. (2006). Model praktek keperawatan profesioal rumah sakit. Jakarta: EGC.

Sumijatum. (2011). Membudayakan etika dalam praktek keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Suarli. S (2002). Manajemen keperawatan dalam pendekatan praktis. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Tjiptono. F. (2005). Service quality & satisfaction. Jogyakarta: Andi Press.

_________ (2004). Prinsip-prinsip total quality service (TQS). Jogyakarta: Andi Press.

__________ (2007). Total quality Management. Jogyakarta: Andi Press.

Tjong, A.E.S. (2004). Perubahan paradigma ke arah budaya melayani dalam pelayanan prima di RS. Jurnal Manajemen & Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5 (1), 7-14.

Trimumpuni. E. (2009), Analisis pengaruh persepsi mutu pelayanan asuhan keperawatan terhadap kepuasan pasien di RSU Puri Asih Salatiga, Tesis. Universitas Diponegoro Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.